Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalu Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan (Ditjen GTK) telah mengembangkan program pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (Higher Order Thinking Skill). Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan. Pengembangan program ini mengikuti arah kebijakan Kemendikbud pada tahun 2018 dimana telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan HOTS.
Peningkatan kualitas pembelajaran dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan fokus guru dalam peningkatan kualitas peserta didik. Dalam hal ini maka guru membutuhkan buku pegangan yang memberikan keterampilan pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Maka dengan adanya buku ini diharapkan dapat menunjang pemahaman guru dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran sehingga kualitas pendidikan meningkat menjadi lebih baik.
Berikut kami paparkan tentang tujuan dikembangkannya Buku Panduan Pembelajaran Berorientasi HOTS tahun 2018 yang akan menjadi pegangan guru dalam mengembangkan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Antara lain adalah sebagai berikut;
- Memberikan acuan kepada guru dalam mengembangkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
- Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;
- Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.
- Guru Jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
- Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
- Kepala Sekolah /Madrasah sebagai bagian Supervisi Akademik
- Pengawas Sekolah /Madrasah sebagai bagian supervisi akademik dan manajerial
Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh empat kondisi. Antara lain;- Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang spesifik dan tidak dapat digunakan di situasi belajar lainnya.
- Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak dapat diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, strategi dan kesadaran dalam belajar.
- Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
- Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik seperti penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi HOTS 2018.pdf
Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.
Baca Juga :
- Buku Penilaian K13 Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills)
- Modul Panduan Penyusunan Soal HOTS Format PDF
- Buku Literasi Digital Format PDF (Materi Pendukung GLN)
- Karakteristik Soal HOTS Matematika SMP Tahun 2018
- Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi HOTS Tahun 2018 Kemendikbud